Jumat, 16 November 2012

Radio Internet makin Digemari


Kehadiran Internet membawa manfaat bagi siaran radio. Salah satunya adalah jangkauan siaran yang menjadi tidak terbatas berkat teknologi audio streaming di Internet.

Siaran radio sampai sekarang masih digemari. Orang bisa mendengarkan banyak acara menarik di radio, lalu pesawatnya juga mudah dibawa ke mana saja. Sambil bekerja di kantor, memasak, atau aktivitas lainnya, kita tetap tidak ketinggalan informasi bila memiliki radio.

Namun, radio ada keterbatasannya. Antara lain jangkauan siaran yang hanya mencakup daerah tertentu saja. Ini berbeda dengan Internet. Sebagai media global, penyiaran lewat Internet dapat diterima dari daerah mana saja.

Ada beberapa cara untuk penyiaran radio Internet. Dengan bantuan alat khusus, sejumlah studio mengubah suara penyiar menjadi file audio yang kemudian bisa di-download pendengar dari situs radio tersebut.

Cara lain adalah melalui teknologi audio streaming. Pemancar radio ditambahi alat khusus sehingga siaran radio dapat dinikmati di Internet secara real time. Teknik ini agaknya cukup populer karena banyak situs radio yang menawarkan fasilitas audio streaming sebagai layanan tambahan bagi pendengar mereka.

Bukan hanya untuk mendengarkan berita, radio Internet juga merupakan cara praktis dalam mendapat informasi hiburan. Selain tidak terbatas jarak, radio Internet dipakai pula untuk menyampaikan berita secara cepat. Cara ini dipakai terutama pada negara-negara yang tidak memiliki kebebasan pers.
 
“Radio ini sulit dilacak, bisa ditempatkan di mana saja. Ide ini kami adopsi saat kebebasan pers belum seperti sekarang,” ujar Supriyatna, pemimpin redaksi kantor berita radio 68H. Radio ini termasuk yang memakai Internet untuk penyebaran berita ke radio-radio lain di daerah yang jumlahnya sekitar 230.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar